Berita

Bimbingan Teknis Implementasi Analisis Standar Belanja Tahun 2023

Yogyakarta, 8 November 2023 bertempat di Hotel MMUGM

Dilaksanakan Bimbingan Teknis Implementasi Analisis Standar Belanja Kabupaten Pemalang yang diikuti oleh perwakilan dari Perangkat Daerah Kab. Pemalang. Dengan Tim narasumber dari UGM yang di ketuai oleh

Dengan adanya ASB, maka plafon anggaran pada saat penyusunan PPAS (Prioritas Plafon Anggaran Sementara) telah berdasarkan output, tolok ukur, dan indikator kinerja yang diharapkan. Selain itu, dapat menentukan kewajaran biaya suatu pelaksanaan kegiatan dan meminimalisasi biaya-biaya yang kurang jelas. Dengan formula ASB, pembahasan anggaran pun menjadi lebih cepat.

Analisis Standar Belanja (ASB) adalah standar yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu satuan kerja dalam satu tahun anggaran.

Adapun manfaat dari ASB antara lain:

  1. Pemerintah Daerah dapat meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang menyebabkan inefisiensi anggaran.
  2. Menghindari tumpang tindih program dan anggaran antar unit kerja.
  3. Penentuan anggaran berdasarkan pada tolak ukur kinerja yang jelas.

Diharapkan dengan diimplementasikannya ASB, asas keadilan berbasarkan beban kinerja bisa lebih optimal dan diharapkan tidak ada lagi ketimpangan beban kinerja dengan anggaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *